Deteksi Sadap Ponsel dan Cara Atasinya - Egoswot

Deteksi Sadap Ponsel dan Cara Atasinya

Sahabat Egoswot yang yang budiman dimanapun anda berada, hari ini Egoswot akan memberikan informasi untuk anda semuanya pembaca setia dengan judul Deteksi Sadap Ponsel dan Cara Atasinya yang sedang viral dan di perbincangkan oleh banyak kalangan. Semoga informasi yang kami sajikan mengenai Tema Topik, dapat menjadikan kita semua manusia yang berilmu dan barokah bagi semuanya.

Kemajuan teknologi komunikasi dibarengi oleh kemajuan teknologi informasi. Secanggih-canggihnya perangkat ponsel pintar, dengan kemajuan teknologi informasi, tetap bisa diakali.


Diakali yang dimaksud adalah, ponsel pintar yang diklaim memiliki berbagai fitur keamanan data dan privasi, ternyata masih bisa di-by pass sistem keamanannya. Dalam konteks ini, hanya dibahas keamanan komunikasi.

By pass sistem keamanan komunikasi ponsel, dikenal dengan istilah 'penyadapan'. Karena yang disebut adalah kemanan komunikasi, maka pokok bahasa melebar ke titik berikutnya, provider komunikasi.

Penyadapan, dominan terjadi di sisi sistem komunikasi, dan sedikit terjadi pada perangkat bawaan.

Penyadapan terjadi di sisi sistem komunikasi
Maksudnya adalah, jika terjadi pada sistem komunikasi maka memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Penyadapan terjadi pada saat transfer data/komunikasi terjadi. Artinya, jika A berkomunikasi dengan B, ketika paket data dikirimkan, dalam perjalanan menuju B, data diduplikasi atau digandakan, untuk kemudian direkam perangkat siluman.
  2. Terjadi aktifitas yang tidak dilakukan oleh ponsel si A, tapi terjadi output pada ponsel si B, seolah si A kirim data ke si B. Misalnya, kasus SMS. Ini bisa dilakukan dengan fake BTS. 
  3.  Pada ponsel target tidak terinstall aplikasi siluman.


Penyadapan terjadi pada perangkat.
Penyadapan seperti ini terjadi pada ponsel yang diinstall aplikasi siluman. Aplikasi ini tidak muncul dalam daftar aplikasi terinstal, tapi muncul pada running proccess. Contoh aplikasi jenis ini banyak. Nama dagangnya adalah Phone Tracker, mobile spy, phone spy, dan sebagainya. Sejenis key logger.

Misal, situs spy-phone-app.com menyediakan aplikasi penyadapan yang diklaim sebagai generasi masadepan pengawasan ponsel. Aplikasi ini bisa melakukan penyadapan telepon masuk dan keluar, sms, lacak GPS, lihat aktifitas browser (misalnya apa yang diakses browser), juga bisa membaca pesan aplikasi pesan semisal BBM, Whatsapp, Skype, Line, dan Viber.

Aplikasi ini bekerja dengan dua langkah:
1. Install di ponsel target,
2. Login di aplikasi online untuk memantau aktifitas ponsel.

Bagaimana Mengetahui Ponsel Disadap?
Ada beberapa cara mengetahui apakah ponsel dilacak atau tidak.

Perhatikan kebiasaan ponsel, adakah yang berubah.
- Baterai ponsel cepat habis
- Terdengar suara berisik yang aneh, kadang terdengar suara orang lain, noise.
- Nyala dan Mati secara acak
- Menerima SMS aneh
- Adanya pemakaian data yang tak terkendali

Jika terjadi, ini yang harus dilakukan 
1. Lakukanlah pengecekan file dan aplkasi.
Ini dilakukan dengan masuk ke menu Settings – Applications – Manage Applications or Running Services. Lihat apakah ada aplikasi yang mencurigakan di situ. Jika iya, lakukan uninstall.

Aplikasi penyadap yang bagus, biasanya menyamarkan nama aplikasinya, jadi tidak menyebut aplikasinya sebagai aplikasi spy atau monitor atau stealth.

2. Gunakan Android IMSI-Catcher Detector (AIMSICD)
Aplikasi ini mendeteksi IMSI-Catcher yaitu perangakat yang biasa digunakan dalam membajak perangat komunikasi. Lembaga intelijen dan pihak berwajib biaa menggunakan ini.

AIMSICD adalah aplikasi android untuk mendeteksi IMSI-Catchers (pelaku sadap). Perangkat palsu menara selular beraksi antara ponsel target dan menara seluler sebenarnya. Biasa disebut serangan ditengah atau  Man-In-The-Middle (MITM) attack.  Teknologi pengawasan semacam ini disebut juga "StingRay", "Cellular Interception" dan sejenisnya.

Download AIMSICD  (VT special report)

Sekian untuk artikel Deteksi Sadap Ponsel dan Cara Atasinya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. Sampai jumpa di postingan artikel Egoswot lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Deteksi Sadap Ponsel dan Cara Atasinya dengan alamat link https://egoswot.blogspot.com/2017/12/deteksi-sadap-ponsel-dan-cara-atasinya.html

Subscribe to receive free email updates:

AdBlock Detected!

Suka dengan blog ini? Silahkan matikan ad blocker browser anda.

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×