Musta'ribeen, Agen Israel yang Menyamar sebagai Warga Palestina - Egoswot

Musta'ribeen, Agen Israel yang Menyamar sebagai Warga Palestina

Sahabat Egoswot yang yang budiman dimanapun anda berada, hari ini Egoswot akan memberikan informasi untuk anda semuanya pembaca setia dengan judul Musta'ribeen, Agen Israel yang Menyamar sebagai Warga Palestina yang sedang viral dan di perbincangkan oleh banyak kalangan. Semoga informasi yang kami sajikan mengenai Tema Topik, dapat menjadikan kita semua manusia yang berilmu dan barokah bagi semuanya.

Organisasi keamanan Israel yang menyamar menahan seorang pemrotes Palestina di dekat kota Ramallah di Tepi Barat (Goran Tomasevic / Reuters)


Mereka berpakaian seperti pemrotes Palestina, berbicara dengan aksen dan ekspresi yang sama, dan menunjukkan tingkah laku yang sama. Wajah mereka ditutupi oleh keffiyeh atau balaclavas kotak-kotak, mereka sama-sama meneriakkan melawan tentara Israel dan kadang-kadang melemparkan batu ke arah tentara, sambil menarik pemrotes lain saat mereka semakin dekat dengan tentara.

Kemudian, seketika ledakan, adegan itu meletus, dan kelompok ini tiba-tiba berbalik pada pemrotes Palestina lainnya, mengacungkan senjata yang disembunyikan di balik kemeja mereka, ditembakkan ke udara, meraih yang terdekat dengan mereka dan menggiring mereka ke tanah.

Tentara maju dan menahan orang-orang Palestina yang tertangkap, saat para pemrotes lainnya bubar, meneriakkan satu kata sebagai peringatan kepada orang lain: "Musta'ribeen!"

Menyamar sebagai orang Arab
Musta'ribeen, atau mista'arvim dalam bahasa Ibrani, adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Arab "musta'rib", atau yang khusus berbahasa Arab dan budaya. Dalam istilah keamanan Israel, kata tersebut menunjukkan pasukan keamanan yang menyamar sebagai orang Arab dan melakukan misi di jantung masyarakat Palestina atau negara-negara Arab lainnya.

Para agen diberi pelatihan yang ketat, dan dalam operasi mengenai wilayah pendudukan, diajarkan untuk berpikir dan bertindak seperti orang Palestina. Misi utama mereka, menurut pakar urusan Israel Antoine Shalhat, termasuk mengumpulkan intelijen, menangkap orang-orang Palestina, dan - di mata mereka - operasi kontra-terorisme.

"Unit musta'ribeen pertama didirikan pada tahun 1942 sebelum negara Israel terbentuk sampai tahun 1950," kata Shalhat. "Unit ini adalah bagian dari Palmach, sebuah divisi elite milisi Haganah, yang kemudian menjadi inti tentara Israel."

Tidak banyak yang diketahui tentang agen ini karena mereka beroperasi secara rahasia, tambahnya. Tentara Israel membubarkan unit-unit ini begitu pekerjaan mereka ditemukan, dan membentuk yang baru untuk menggantikan mereka.

"Agen harus berbicara bahasa Arab seolah bahasa ibu mereka," kata Shalhat. "Mereka menjalani kursus untuk menguasai dialek Palestina dan aksen Arab yang menurutnya negara Arab tempat mereka beroperasi, seperti Yaman atau Tunisia."

Kursus ini memakan waktu antara empat sampai enam bulan dan mencakup bagaimana menguasai kebiasaan dan praktik keagamaan, seperti puasa dan doa.

Agen menggunakan makeup dan wig untuk melengkapi penyamaran mereka namun dipilih sesuai dengan seberapa mirip ciri fisik mereka terhadap jumlah orang Arab.

Secara keseluruhan, pelatihan ini bisa memakan waktu hingga 15 bulan, dan terdiri dari pekerjaan lapangan operasional seperti mengemudi dan sniping, bagaimana cara bergerak di dalam setting Palestina yang ramai, dan pelatihan senjata.

Tidak banyak yang diketahui tentang agen-agen Israel ini karena mereka beroperasi dalam kerahasiaan [Mohamad Torokman / Reuters]

"Salah satu unit yang paling terkenal adalah Rimon, yang didirikan pada tahun 1978 dan tetap aktif sampai tahun 2005," kata Shalhat. "Pekerjaan mereka sebagian besar terkonsentrasi di Jalur Gaza. Unit lain yang beroperasi di Gaza disebut Shimshon selama tahun 80an dan 90an."

"Unit elit Duvdevan 217 masih beroperasi di dalam tentara, yang didirikan pada tahun 1980 oleh Perdana Menteri Israel Ehud Barak dan saat ini berfungsi di Tepi Barat dan dianggap paling aktif dan tertutup.

Hadir dalam demonstrasi baru-baru ini
Selama dua minggu terakhir, warga Palestina telah memprotes keputusan Presiden AS Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel. Ratusan telah ditangkap oleh pasukan Israel, dan 10 orang telah terbunuh sejauh ini di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Pekan lalu, saat salah satu demonstrasi di pintu masuk utara Ramallah di dekat pemukiman Bet Il yang ilegal, sekelompok Musta'ribeen menyusup ke dalam demonstrasi tersebut dan menangkap tiga pemuda Palestina, menurut wartawan Rasha Harzallah.

"Mereka hanya berada di sana selama 10 menit," kata Harzallah, yang berdiri paling dekat dengan pemrotes Palestina pertama yang ditangkap pada hari Rabu, 13 Desember. "Mereka berpakaian persis seperti pemrotes Palestina lainnya, dan melemparkan sebuah granat suara ke mereka."

"Mereka berjumlah sekitar lima orang, dan mengeluarkan senjata mereka dan mulai menembaki udara," lanjutnya. "Tentara kemudian tiba-tiba maju dalam jumlah besar, dan mereka mulai menembaki peluru hidup pada orang-orang dan di udara, bahkan di jurnalis."

Harzallah, yang bekerja untuk kantor berita resmi Wafa, mengatakan bahwa agen yang paling dekat dengannya mengenakan kemeja merah gelap dan wajahnya ditutupi dengan keffiyeh.

"Sebelumnya, dia berdiri di garis depan dengan pemrotes Palestina lainnya melemparkan batu ke tentara Israel," katanya.

"Tentara kemudian tiba-tiba maju dengan cepat, kemudian saya melihat pria bertubuh merah di atas seorang pemrotes Palestina, dan dia melambaikan senapannya ke arah saya dan fotografer di sebelah saya berteriak 'tidak dekat!'"

"Bagaimana mereka bisa tahu siapa mereka?"
Harzallah menjelaskan bahwa sebelum musta'ribeen membuat kehadiran mereka diketahui, para pemrotes melemparkan batu ke tentara Israel. Tapi tentara tidak merespon, yang langsung menimbulkan kecurigaan.

"Mereka tidak melakukan apapun," katanya. "Dari pengalaman, para pemrotes tahu bahwa ketika tentara Israel berhenti menembakkan granat suara, gas air mata, peluru karet ... maka ada kemungkinan besar bahwa musta'ribeen hadir di antara mereka.Tapi bagaimana mereka bisa tahu siapa mereka?"

Dalam demonstrasi tahun 2015 yang biasa disebut oleh orang Palestina sebagai "Intifada pisau", Harzallah menyaksikan serangan lain oleh petugas kebersihan yang dia gambarkan sebagai lebih buruk.

"Mereka menembakkan senjata mereka ke dua warga Palestina, satu di kepala dan yang lainnya berada di kakinya dari jarak dekat," katanya.

"Saya melihat mereka menyeret orang-orang Palestina yang mereka tangkap di kepala ... saya pikir dia sudah mati karena saya melihat potongan dagingnya di tanah."

Pemuda itu, Mohammed Ziyadeh, tinggal; dia sebagian lumpuh.

Dalam sebuah wawancara dengan Al Jazeera tak lama setelah insiden tersebut, Ziyadeh menyampaikan dari tempat tidurnya di rumah sakit bahwa setelah dipukuli oleh musta'ribeen, mereka melepaskan peluru di kepalanya dan dia kehilangan kesadaran.

"Ketika saya datang, mereka mulai menginterogasi saya, tapi saya mengatakan kepada mereka bahwa saya tidak dapat mengingat apapun," katanya, pidatonya tidak jelas. "Mereka membawa saya ke rumah sakit dan memukul saya lagi."

Ziyadeh menjalani dua operasi dan diinterogasi dan dipukuli masing-masing. Pengacaranya akhirnya berhasil membebaskannya, dan tak lama kemudian dia bisa memindahkan salah satu kakinya lagi.

Dengan kemunculan para pemrotes dalam demonstrasi, orang-orang Palestina telah belajar untuk menjadi lebih waspada.

Salah satu cara membedakan diri dari agen Israel yang menyamar adalah menyelipkan kaos mereka ke dalam ikat pinggang mereka, di mana senjata tersembunyi akan terlihat.

"Mereka juga harus berhati-hati saat sebuah kelompok menyeret pemrotes lainnya lebih dekat ke tentara," kata Harzallah, "dan pastikan ada kelompok yang memantau pemrotes lainnya."(Aljazeera/VT)

Sekian untuk artikel Musta'ribeen, Agen Israel yang Menyamar sebagai Warga Palestina kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. Sampai jumpa di postingan artikel Egoswot lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Musta'ribeen, Agen Israel yang Menyamar sebagai Warga Palestina dengan alamat link https://egoswot.blogspot.com/2017/12/mustaribeen-agen-israel-yang-menyamar.html

Subscribe to receive free email updates:

AdBlock Detected!

Suka dengan blog ini? Silahkan matikan ad blocker browser anda.

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×