Peta Palestina dari Masa Ke Masa - Egoswot

Peta Palestina dari Masa Ke Masa

Sahabat Egoswot yang yang budiman dimanapun anda berada, hari ini Egoswot akan memberikan informasi untuk anda semuanya pembaca setia dengan judul Peta Palestina dari Masa Ke Masa yang sedang viral dan di perbincangkan oleh banyak kalangan. Semoga informasi yang kami sajikan mengenai Tema Topik, dapat menjadikan kita semua manusia yang berilmu dan barokah bagi semuanya.

Peta Palestina yang dikeluarkan oleh National Geographic 1947 (http://bit.ly/2khCgsd)
Pada 29 November 1947, Perserikatan Bangsa-Bangsa, berdasarkan voting 33-13, membagi British Mandate untuk Palestina, menjadi dua negara merdeka, satu Yahudi dan satu Arab. Resolusi ini dikenal sebagai Partition Plan (Rencana Pemisahan). Partition Plan tersebut menyerukan agar Inggris menarik pasukan mereka selama setahun. Setelah penarikan Inggris, masyarakat Yahudi akan diberi kontrol atas 56 persen tanah tersebut.

Bagian yang lebih besar ini adalah untuk mengakomodasi sejumlah besar pengungsi Yahudi dari Eropa setelah Holocaust. Penduduk asli Arab di Palestina dialokasikan 43 persen dari tanah tersebut. Kota-kota di Yerusalem dan Betlehem ditempatkan di bawah kendali khusus pasukan internasional untuk menjaga perdamaian, karena kota-kota tersebut dianggap suci oleh orang Yahudi, Kristen, dan Muslim, dan merupakan lokasi potensial kekerasan agama.

Pada tanggal 14 Mei 1948, satu hari sebelum pasukan Inggris menarik diri, komunitas Yahudi di Palestina menerbitkan Deklarasi Kemerdekaan Negara Israel, yang menetapkan Israel sebagai negara merdeka.

Info Grafis Peta Palestina dari Masa Ke Masa
Peta Evolusi Wilayah Palestina (wikipedia)

Mulai dari peta kiri ke kanan:

Proposal 1916-1922: Tiga proposal untuk pemerintahan pasca Perang Dunia I di Palestina. Garis merah adalah "Administrasi Internasional" yang diusulkan dalam Perjanjian Sykes-Picot 1916, garis biru yang putus-putus adalah usulan Organisasi Zionis tahun 1919 di Konferensi Perdamaian Paris, dan garis biru tipis mengacu pada batas akhir Wajib 1923-48 Palestina

Proposal 1937: Proposal resmi pertama untuk partisi (pemisahan), diterbitkan pada tahun 1937 oleh Peel Commission, British Mandate yang sedang berlangsung diusulkan untuk menjaga "kesucian Yerusalem dan Betlehem", dalam bentuk daerah kantong dari Yerusalem ke Jaffa, termasuk Lydda dan Ramle.

Proposal 1947: Proposal United Nations Partition Plan for Palestine (Rencana Pemisahan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Palestina - Resolusi Majelis Umum PBB 181 (II), 1947), sebelum Perang Arab-Israel 1948. Proposal tersebut mencakup sebuah Corpus Separatum untuk Yerusalem, persimpangan ektra teritorial antara daerah-daerah yang tidak bersebelahan, dan Jaffa sebagai sebuah eksklave Arab.

Proposal 1947: Mandatory Palestine, yang menunjukkan daerah milik Yahudi di Palestina pada tahun 1947 dengan warna biru, merupakan 6% dari total luas lahan, yang setengahnya dipegang oleh JNF dan PICA. Populasi Yahudi meningkat dari 83.790 pada tahun 1922 menjadi 608.000 pada tahun 1946.

Proposal 1948-1967: Tepi Barat yang dianeksasi Yordania (hijau muda) dan Jalur Gaza yang diduduki Mesir (hijau tua), setelah Perang Arab-Israel 1948, menunjukkan 1949 garis gencatan senjata.

1967-1994: Selama Perang Enam Hari, Israel merebut Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Dataran Tinggi Golan, bersama dengan Semenanjung Sinai (kemudian diusulkan untuk perdamaian setelah Perang Yom Kippur). Pada tahun 1980-81 Israel mencaplok Yerusalem Timur dan Dataran Tinggi Golan. Baik aneksasi Israel maupun klaim Palestina atas Yerusalem Timur telah diakui secara internasional.

1994-2006: Di bawah Persetujuan Oslo, Otoritas Nasional Palestina dibentuk untuk memperiapkan pemerintahan sipil di daerah perkotaan tertentu di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

2006-sekarang: Setelah pelepasan Israel dari Gaza dan bentrokan antara dua partai Palestina utama menyusul kemenangan pemilihan Hamas, dua pemerintah eksekutif terpisah mengambil alih kendali di Gaza dan Tepi Barat.

Referensi: NatGeo dan Wikipedia

(VT)

Sekian untuk artikel Peta Palestina dari Masa Ke Masa kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. Sampai jumpa di postingan artikel Egoswot lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Peta Palestina dari Masa Ke Masa dengan alamat link https://egoswot.blogspot.com/2017/12/peta-palestina-dari-masa-ke-masa.html

Subscribe to receive free email updates:

AdBlock Detected!

Suka dengan blog ini? Silahkan matikan ad blocker browser anda.

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×